-********--WELCOME MY FORUM--//*******-
<center>
Silahkan baca peraturan Forum sebelum anda membuat Tread
</center>

FOLLOWER

O.L USER

Log in

I forgot my password


    Cara Kirim E-mail Dengan TElnet

    Share
    avatar
    Nio-funder
    Admin

    Jumlah posting : 236
    Points : 733
    Reputation : 41
    Join date : 2011-06-23
    Age : 32
    Lokasi : tidak di tentukan

    default Cara Kirim E-mail Dengan TElnet

    Post  Nio-funder on Thu Jun 23, 2011 4:20 pm

    Sebetulnya kita bisa mengirim email dengan menggunakan Telnet. Telnet ada dua arti: yaitu (1) protokol jaringan yang digunakan dalam internet yang menyediakan fasilitas komunikasi interaktif dua arah; (2) perangkat lunak yang mengimplementasikan sisi client dari protokol. (^o^ definisi saya ambil dari Wikipedia)

    SMTP merupakan salah satu protokol dalam internet yang digunakan untuk melakukan transfer surat elektronik atau email. Selain SMTP, ada POP dan IMAP yang digunakan sebagai protokol pengiriman email. Dalam praktiknya, ketika kita mengirim email lewat yahoo ataupun mengirim email lewat microsoft outlook, kita sebetulnya mengguanakan protokol SMTP. Hanya saja, aplikasi seperti Outlook menyediakan antarmuka yang lebih mudah kepada pengguna ketimbang pengguna mengetikkan sendiri bahasa SMTP.

    Pertama yang wajib anda persiapkan adalah server email. Anda harus tahu server yang akan digunakan untuk pengiriman email. Misalkan anda bekerja di kantor, bisa jadi kantor anda sudah memiliki email server sendiri, mungkin saja namanya nama-kantor-anda.net. Bila anda mahasiswa, mungkin anda bisa menggunakan nama-kampus-anda.ac.id atau mungkin nama-kampus-anda.edu. Atau terserah anda lah, yang penting anda harus tahu alamat dari email server. (kalo lu gak tau, jangan tanya gue, yang punya alamat email kan elu, bukan gue )

    Selanjutnya lewat Command Prompt dari sistem operasi anda, ketikkan perintah :

    telnet serveremailku.com 25

    25 artinya adalah Port dari protokol SMTP. Jadi maksud perintah diatas adalah menjalankan Telnet untuk menghubungkan ke server “serveremailku.com” pada port 25.

    Tunggu aja, harusnya cepet, ntar kalo berhasil bakal muncul ucapan Selamat datang, atau kalo gak bakal muncul versi software dari email server. Yang jelas pesan dari server adalah berkode 220. Oya, maksud dari kode balasan adalah, misalkan anda mendapat balasan pesan dari server :

    250 OK

    itu artinya, pesan balasan berkode 250. Yang menjadi acuan balasan dari server adalah kode pesannya, BUKAN KALIMAT SETELAH KODE PESAN !!! Paham dul? lanjut….

    Selanjutnya ketikan : HELO local.domain.net

    Itu artinya kalian memberi tahu server bahwa nama kalian (nama domain kamu) adalah local.domain.net . Di sini, local domain.net bisa kalian ganti dengan local IP. Apabila Sukses, anda akan mendapat Reply dengan kode pesan : 250 . Perintah HELO adalah opsional, tidak semua server meminta anda, tetapi terkadang ada server yang mengharuskan anda untuk menggunakan HELO.

    Selanjutnya ketikkan –> MAIL FROM: [You must be registered and logged in to see this link.]

    Apabila alamat pengirim accepted , seharusnya kode balasannya adalah 250 .

    Langkah selanjutnya, ketikkan –> RCPT TO: [You must be registered and logged in to see this link.]

    Apabila alamat penerima accepted , seharusnya kode balasannya adalah 250. Apabila anda mendapat kode balasan 553 atau 550 itu artinya, server tidak mau me-relay email ke alamat tujuan. Bisa jadi dikarenakan, alamat tujuan berada di luar domain server, atau bisa karena alamat tujuan tidak berada pada List of allowed recipient host.

    Perintah selanjutnya adalah ketikkan –> DATA

    Apabila sukses, server akan membalas dengan kode balasan 354 . Dengan mengetikkan DATA artinya anda akan memulai mengetikkan pesan atau message untuk penerima.

    Langkah selanjutnya adalah mengetikkan pesan. Apabila anda berniat mengirimkan email sederhana, langsung saja ketikkan pesan. Untuk mengakhiri pesan ketikkan <cr><lf>.<cr><lf> {dieja: enter - titik - enter} . Jika sukses, akan mendapatkan balasan dari server dengan kode balasan 250 .

    Nah jika anda ingin yang agak komplex dikit, setelah data anda harus mengetikkan sebagai berikut
    From: Nama <alamat@domain.com>

    To: Nama <alamat@domain.com>

    Cc: Nama <alamat@domain.com>

    Subject: Judul Pesan
    Apa sih itu? OK saya jelaskan. From, To, itu bisa kalian isi dengan alamat email pengirim dan penerima. From-To dengan “MAIL FROM”-”RCPT TO” artinya sama tapi beda implementasinya. Sama, maksudnya sama sama diisi alamat email pengirim dan penerima. Beda implementasi, maksudnya alamat From-To itu yang akan ditampilkan ke penerima, sedangkan “MAIL FROM”-”RCPT TO” tidak ditampilkan.

    Apa keanehan di sini? tentu saja anda bisa memasukkan From dan To , tetapi berbeda dengan alamat yang ada pada “MAIL FROM” dan “RCPT TO”. Misal jika anda memasukkan MAIL FROM: [You must be registered and logged in to see this link.] , tetapi pada Field From anda ketikkan From: Caleg <caleg@gmail.com> . Maka pada pihak penerima akan ditampilkan bahwa ia mendapat email dari [You must be registered and logged in to see this link.] , bukan dari [You must be registered and logged in to see this link.]

    Gimana mengatasai adanya kejanggalan Mesasge Header? Biasanya pada webmail tersedia pilihan “view full header” . Lewat ini anda bisa melihat siapa pengirim sejatinya dan dari server mana ia mengirimkan.

    Pengen cara lebih gampang, coba deh program buatan saya. PRNMailer. Untuk mendownload, klik disini !!!! [221 KB]

    Sekian, moga bermanfaat…..
    by joker

      Current date/time is Sun Jun 25, 2017 11:35 pm